4 Tips Cara Mudah Mengingat Nama

Photo Credit: Flickr/UQ Alumni

4 Tips Cara Mudah Mengingat Nama

Tahukah anda bahwa penyakit lupa nama adalah hal yang sangat umum dan terjadi pada waktu ke waktu. Apakah anda termasuk dalam kategori ini?

Dan tahukah anda bahwa mengingat nama orang adalah salah satu kunci keberhasilan dalam mengembangkan koneksi professional?

Lupa nama seseorang atau salah menyebutkan nama bisa membuat satu pihak tersinggung walaupun anda tidak melakukannya dengan sengaja. Apalagi kalau orang tersebut lagi mencari pegawai atau mencari business partner. Sudahlah game over usaha untuk mengembangkan bisnis koneksi.

Tentu kalian pasti mikir daripada repot kenapa tidak cek facebook dan twitter atau linkedin saja pasti ada informasinya di situ. Tetapi bagaimana kalau dia set profile facebook/twitter/linkedin ke private sehingga anda tidak bisa akses? Atau lebih gawat lagi sama sekali tidak menggunakan social media…hayo bagaimana solusinya?

Oleh sebab itu kami mau share beberapa tips supaya anda bisa mengingat nama dengan mudah:

Tips 1: Fokus ketika seseorang menginfokan namanya kepada anda

Setelah acara pengenalan selesai kebanyakan dari kita lupa nama orang lain dan ini hal yang sangat umum.

Berikut skenario yang sering terjadi saat anda berinteraksi dengan seseorang untuk pertama kalinya:

1. Seseorang mengenalkan diri kepada anda: “Hai kenalkan nama saya Sinta.”
2. Dan anda respond: “Nama saya Toni.”
3. Satu detik kemudian anda lupa namanya karena sibuk memikirkan hal yang ingin anda bahas berikutnya. Bisa juga anda terlalu fokus mendengarkan apa yang Sinta bicarakan yang mengakibatkan anda otomatis lupa namanya.
4. Percakapan mungkin terus berlanjut sampai akhirnya anda dan Sinta berpisah. Sampai detik itu juga, anda tidak bisa mengingat namanya tetapi anda terlalu malu untuk menanyakannya. Yah sudah lah game over.

Inti dari percakapan diatas adalah jika anda tidak aktif berusaha mengingat nama seseorang maka anda akan sulit untuk follow up dengan dia.

Mari kita kembali ke skenario yang sama:

1. Seseorang mengenalkan diri kepada anda: “Hai nama saya Sinta”
2. Segera setelah anda mendengar namanya, ulangi nama Sinta dalam hati and berkali kali upcakan SINTA, SINTA, SINTA. Jika anda ingin terus ingat namanya, maka anda bisa menggunakan taktik berikut ini:

Anda: “Hai Sinta, nama saya Toni.”

Dengan mengucapkan namanya di awal pengenalan maka anda dengan mudahnya bisa mengingat namnya. Tujuan dari taktik ini adalah anda bisa mengingat dengan mencucapkan namanya secara lisan.
3. Ketika sudah waktunya untuk berpisah, sebutkan namanya “ Senang bicara dengan kamu, Sinta. Aku harus pergi tetapi keep in touch yah”

Dengan latihan, anda akan lebih mudah mengingat nama orang.

Tips 2: Tulis/ketik nama 

Jika anda menghadiri networking event atau exhibition, ada baiknya siapkan pena dan memo kecil di binder atau saku.

Ketika orang tersebut sedang tidak melihat, maka cepatlah tulis namanya dan juga hal yang bisa diasosiasikan dengan orang tersebut. Lebih baik lagi kalau anda exchange business cards karena anda hanya tinggal menulis karakteristik nya di kartu . Atau kalau mau yang lebih praktis, ketik informasinya di hp.

Contohnya:
Santi, Sriwijaya Asuransi, rambut panjang, berponi, kaca mata

Tips 3: Organisir nama

Setelah anda koleksi semua nama beserta informasi nya, maka buat master databse, mungkin bisa lewat excel untuk gampangnya. Sebut saja nama file nya “Master contact list”. File ini berguna untuk mencatat nama orang yang ingin anda follow up. Ketika menulis kontak informasi sangat penting untuk mengasosiasikan nama tersebut seperti kapan ketemunya dan juga karateristik unik mengenai orang tersebut sehingga anda bisa lebih mudah mengingat namanya.

Contohnya

Master Contact List
Tanggal Nama Perusahaan Jabatan No. Telepon E-mail Details Karakteristik
2 Mar 2014 Sinta S. Sriwijaya Insurance Customer Service Manager (0251)222-2222 sinta@emailaddres.com ketemu di job expo Rambut panjang berponi kacamata

Tips 4. Latihan

Apakah anda ingat dengan moto “Practice makes perfect” nah hal itu juga berlaku untuk mengingat nama. Gunakan tips ini ketika anda bertemu dengan orang dan berlatih terus menerus sehingga anda bisa mengingat nama dengan mudah.

Mengingat nama orang dari pertemuan pertama sangat berarti bagi orang lain karena itu menunjukkan bahwa anda perduli. Apalagi kesan pertama itu begitu signifikan. Anda mungkin tidak mendapatkan kesempatan untuk kedua kalinya untuk membuat kesan yang berkenan di hati.

Intinya, coba bayangkan perasaan anda ketika seseorang lupa nama anda. Apakah anda merasa dongkol (atau seidkit dongkol?)
Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman teman :)