11 Kesalahan Fatal Yang Harus Dihindari Saat Wawancara

Evanston 025 copy

Photo Credit, David Niblack, Imagebase.net

Berikut adalah hal kesalahan fatal yang harus dihindari saat wawancara kerja

1. Datang interview terlambat
Seandainya waktu interview sudah di tetapkan jam 9 pagi tetapi anda datang telat 15 menit. Tentu employer mendapatkan persepsi bahwa anda careless dan tidak bisa diandalkan.

2. Semprot perfume banyak banyak
Sebenarnya pakai dedodorant sudah lebih dari cukup daripada semprot perfume di seluruh badan. Belum tentu semua orang suka wewangian yang anda gunakan — mungkin menurut anda wewangian yang sangat “fresh” tetapi bagi orang lain malah membikin sakit kepala.

3. Pakai rok super pendek atau kemeja yang kerah nya low
Interviewer perasaanya mungkin langsung tidak nyaman melihat pakai yang anda gunakan dan bisa bisa aplikasi anda langsung di black list dari perusahaan. Kecuali memang pekerjaannya nya harus pakai rok pendek dan baju seksi seperti kerja seebagai bar girl atau sebagai SPG.

4. Terlalu banyak perhiasan
Ya itu dia kalau memakai perhiasan yang terlihat ribet seperti anting yang dangling atau terlalu banyak perhiasan yang dipakai seperti gelang India yang bikin suara ribut.

5. Sibuk texting saat interview
Masa lagi interview sibuk lihat handphone. Employer akan beranggapan bahwa anda tidak ada rasa hormat, setelah interview selesai, resume akan dibuang ke tong sampah

6. Pakaian yang bercorak warna warni bunga bunga, sepatu yang warnanya bukan hitam
Kecuali kalau memang industri nya creative yah seperti fashion design tetapi stick saja lah dengan yang traditional just to be safe

7. Foto foto yang seharusnya tidak di post di social media
Itu dia penyebab kenapa banyak orang tidak di hire. Employer itu sangat sneaky loh. Sebelum employer buat keputusan apakah anda akan di hired atau tidak, mereke cek facebook, twitter, path, foursquare, etc. Ketika mereke lihat foto anda terlihat mabuk dengan memegang minuman keras dipampang di profile foto, sudah lah resume langsung dibuang ke tong sampah

8. Jawaban yang tidak nyambung
Intinya jawaban yang diutarakan harus sesuai dengan memang apa yang employer tanyakan. Kalau tidak sesuai dengan yang ditanyakan, maka employer merasa anda tidak paham tetapi pura pura mengerti.

9. Bau mulut
Mengap mengap employer karena mencium bau mulut anda yang tidak sedap. Kalau memang anda khawatir jika seseorang bisa mencium nafas anda yang tidak sedap maka solusinya adalah rinse mulut dengan obat kumur yang menggunakan sodium flouride dan tanpa alkohol. Sodium flouride itu membuat mulut moist. Kalau obat kumur yang memakai alkohol justru membuat mulut jadi cepat kering yang mengakibatkan nafas tidak sedap.

10. Penampilan tidak rapih
Untuk wanita yang rambutnya panjang terurari sampai ke bahu sebaiknya dicepol. Untuk pria, rambut dan facial hair dicukur rapih. Kebayang kah kalau client melihat staff perusahaan yang tidak rapih tentu enggan untuk melaksanakan business deal. Bagaimana kualitas produk nya bisa excellent kalau human resources nya terlihat malas dan berantakan.

11. Sifat arrogant
Ultimate decision yang membuat kamu langsung tidak di hired. Inilah tingkah laku yang semua employer tidak suka yaitu sifat arrogant. Intinya jangan arrogant dengan employer. Jangan menunjukkan secara verbal atau fisik bahwa kamu lebih hebat daripada orang yang wawancara kamu. Banyak sekali orang yang ingin apply di posisi kerja yang sama. Intinya employer tidak perlu khawatir mencari staff yah karena memang banyak yang mau apply. Jadi, ketika interview kamu harus tunjukkan rasa hormat dan sopan.

You may also like...